Lifestyle

Mengenal Tradisi Gombrang pada Kebumen, Membersihkan Makam Jelang Ramadhan

Suarasekadau.co.id – KEBUMEN – Kebumen, Jawa Tengah mempunyai tradisi unik jelang Ramadhan yang dimaksud bernama gombrang. Tradisi penuh makna yang dimaksud masih terjaga dan juga dilestarikan sampai pada waktu ini.

Gobrang merupakan tradisi turun-temurun di area Kebumen jelang Ramadhan . Di mana sebelum menjalankan ibadah puasa, warga akan memberishkan makam dan juga mengadakan doa bersama.

Dirangkum dari kanal YouTube Kebumen TV, Hari Sabtu (2/3/2024) tradisi Gombrang ini akan dilaksanakan antara tujuh hingga 10 hari mendekati Ramadhan. Biasanya, rakyat memilih akhir pekan agar mampu turut mengikuti tradisi ini.

“Pamong-pamong setempat itu memberi tahukan itu nanti kalau hari ini semuanya disuruh tuh Gombrang bersama-sama,” kata Badrudi tokoh rakyat pada Kebumen.

Untuk melaksanakan tradisi ini, warga harus menyebabkan cangkul, sabit, dan juga sebagainya. Peralatan ini akan digunakan untuk memotong rumput liar yang digunakan ada di dalam pemakaman.

Tidak semata-mata itu saja, ketika melaksanakan tradisi gombrang, rakyat juga dianjurkan mengakibatkan bekal nasi, kue, atau makanan lainnya. Hal ini berguna untuk mengisi energi ketika tubuh sudah ada merasa lelah pada waktu membersihkan pemakaman.

Ketika makam telah terjadi bersih seluruhnya, rakyat akan duduk di dalam sekitar makam yang tersebut telah dilakukan dibersihkan. Kemudian tradisi ini akan ditutup dengan doa yang tersebut dilantunkan oleh ulama setempat.

Tradisi ini bertujuan untuk memberikan penghormatan pada leluhur yang telah terjadi pergi terlebih dahulu.

Related Articles

Back to top button