Otomotif

Mengenal D915, Jalan Paling Sangat Berbahaya di dalam Global

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Jalur D915 di area Turki ditahbiskan sebagai jalan paling berbahaya pada dunia. Jalan sepanjang 105 Km ini menghubungkan kota Of lalu Bayburt di tempat Timur Turki. Medan jalanan ini disebut-sebut sangat jauh lebih tinggi ekstrem ketimbang Jalan Kematian di dalam Bolivia.

Dilansir dari Oddity Central, Hari Jumat (1/3/2024), selama bertahun-tahun, Jalan Yungas di dalam Bolivia dikenal sebagai Jalan Kematian. Tempat ini memegang penghargaan sebagai jalan paling berbahaya di tempat dunia. Trek kerikil yang berliku-liku melalui pegunungan Cordillera Oriental hingga ketinggian 4650 meter sudah menghasilkan Yungas menjadi salah satu objek wisata paling populer di dalam Bolivia , menarik sekitar 25.000 orang setiap tahun.

Namun, menurut beberapa petualang, ada satu jalan yang dimaksud melampaui Jalan Kematian pada hal medan yang digunakan ekstrem. Menggabungkan Provinsi Anatolia Timur Laut Turki dengan Laut Hitam, jalan pegunungan D915 mempunyai sejumlah tikungan dan juga jurang yang tersebut membuatnya sangat berbahaya untuk dilalui bahkan bagi pengemudi terampil sekalipun.

Sejarah jalan D915 dapat ditelusuri kembali ke Kampanye Trebizond (1916 – 1918), yang tersebut memunculkan penangkapan Trabzon oleh pasukan Rusia. Dikatakan jalan ini dibangun oleh tentara Rusia semata-mata dengan menggunakan alat tradisional. Meskipun bagian-bagian tertentu di tempat setiap ujungnya dipaving dengan aspal, sebagian besar masih terdiri dari kerikil.

D915 tak terlihat sangat ekstrem pada awalnya, tetapi pada waktu menjelajahi lebih tinggi sangat segera ujung aspal digantikan oleh kerikil juga jalan menjadi lebih tinggi sempit dan juga curam. Jalan ini mempunyai total 38 tikungan tajam, yang digunakan paling terkenal adalah Tikungan Derebaşı. Ada 17 tikungan di area berhadapan dengan jarak 5,1 km, dari ketinggian 1.712 m hingga 2.035 m di area berhadapan dengan permukaan laut, dengan gradient mencapai 17%.

Tidak ada pagar pengaman untuk menghindari kendaraan jatuh ke jurang di tempat bawah, dan juga bagian-bagian jalan yang digunakan paling curam sangat sempit, sehingga ketika dua kendaraan bertemu dari arah berlawanan, salah satunya harus mundur untuk memberi ruang. Hal ini teristimewa berbahaya di kondisi cuaca buruk seperti kabut tebal atau hujan, yang digunakan kerap terjadi, bahkan selama musim panas. Karena salju kemudian es akan menciptakan D915 sangat lebih banyak berbahaya untuk dilalui, jalan ini biasanya ditutup antara bulan Oktober serta akhir Juni/awal Juli.

Beberapa tikungan di tempat D915 begitu sempit, kendaraan yang lebih banyak besar kesulitan untuk melewatinya pada satu manuver, tanpa kendaraan lain datang dari arah berlawanan, tetapi ini adalah jalan yang digunakan relatif sibuk, digunakan oleh beratus-ratus warga setempat setiap hari. Ada dua jalan alternatif lain antara Of lalu Bayburt, tetapi D915 lebih besar pendek, sehingga lebih tinggi disukai, meskipun berbahaya.

Saat berkelok-kelok ke puncak gunung, D915 menawarkan pemandangan luar biasa, tetapi dikarenakan medannya berat, tiada direkomendasikan sebagai objek wisata. Satu kesalahan belaka bisa jadi berakhir tragis, jadi hanya saja pengemudi berpengalaman juga terampil, tidak wisatawan yang digunakan mencari sensasi, yang tersebut boleh menjelajahinya.

Related Articles

Back to top button