Lifestyle

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami, Penting Hindari Gorengan

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa saja menjadi obat alternatif. Batuk berdahak adalah gejala umum yang mana biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan atas.

Batuk berdahak kerap kali menyebabkan tenggorokan gatal kemudian memunculkan rasa kurang nyaman. Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak membagikan cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami.

Salah satu cara yang digunakan paling mudah yaitu menahan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, pedas, serta terlalu manis.

“Yang pertama ini sebenernya gampang tapi susah untuk dilakuin, yaitu semasa penyembuhan dari batuk berdahak hindarilah makanan yang mana sifatnya gorengan, terlalu manis, atau berminyak lalu pedas,” kata dr. Kevin diambil dari akun TikTok pribadinya, @drkevinmak, Hari Sabtu (2/3/2024).

Meski terasa enak, jenis makanan yang disebutkan mampu meningkatkan produksi dahak juga memicu timbulnya rasa gatal pada tenggorokan, khususnya pada di malam hari hari. Sehingga dikhawatirkan kondisi batuk tidaklah kunjung sembuh.

Selain itu, dr. Kevin juga menyarankan untuk menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur. Selain mudah, langkah ini juga sanggup diadakan di dalam rumah.

“Anda bisa saja kumur dengan larutan air garam. Gunakan satu gelas 200 cc air ditambah dengan dua sampai tiga sendok teh garam. Lalu kumur sampai ke tenggorokan belakang,” jelasnya.

Larutan air garam dapat membantu melunakan dahak membandel yang digunakan ada di tempat tenggorokan. Tak cuma itu, berkumur dengan air garam bisa jadi memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan.

Jika kondisi batuk tak kunjung sembuh, dr. Kevin menganjurkan untuk segera membeli obat batuk. Jika khawatir obat yang digunakan dikonsumsi bisa jadi mengakibatkan efek samping seperti mengantuk atau mual, pilihlah obat yang mana mengandung material herbal.

Beberapa materi herbal seperti daun legundi, rimpang jahe, lalu juga daun saga sangat bagus untuk mengobati batuk berdahak. Di mana bahan-bahan ini memberikan efek hangat yang dimaksud menenangkan tenggorokan.

“Karena menurut penelitian, herbal-herbal ini bisa jadi bekerja sebagai anti radang serta membantu masa penyembuhan juga bersifat sebagai antitusif yaitu mengempiskan reflek batuk,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button